TRIK MEMPERCEPAT KONEKSI INTERNET

Hari yang cerah, gimana dengan koneksi internet kalian ?? Apakah secerah hari ini, untuk mempersingkat waktu, langsung saja saya akan membahas tentang masalah koneksi internet, pasti kalian bingung. kira kira masalah koneksi internet itu apa yach, berikut judul yang akan saya bahas yaitu trik mempercepat dan menstabilkan koneksi internet yang bisa anda pakai. Tips dan trick ini dapat anda gunakan pada semua jenis koneksi, kabel telephone, GPRS/CDMA/3G, WiFi atau Lan.


Diantara cara mempercepat dan menstabilkan koneksi internet yaitu tweak Browser Mozilla Firefox, Mengganti DNS dengan DNS Publik Milik Google dan OpenDNS dan Tips Mempercepat Browsing dengan Mematikan QoS Packet Scheduler.
Sebelum saya memberikan tips ini, yang perlu anda lakukan yaitu bagaimana mengoptimalkan kecepatan, kenyamanan dan kestabilan dalam menggunakan internet. Berikut saya jelaskan kan terlebih dahulu caranya :

1. Ping ke Domain Name Sistem (DNS) Server.

Secara singkat, server pada ISP yang anda gunakan menganggap bahwa komputer yang anda pakai sedang beristirahat atau idle, jika dalam jangka waktu yang sudah ditentukan pada koneksi yang anda pakai tidak melakukan atau mengirimkan request data pada server. Hal ini dapat membuat server pada ISP, baik itu Domain Name Sistem (DNS) Server atau router sever harus melakukan proses identifikasi ulang jika ingin proses kembali terhubung ke bagian server.

Apabila kalian ingin komputer yang anda gunakan tidak dianggap idle secara tidak langsung istirahat oleh server, maka dari itu lakukan ping secara berulang ulang (real time) ke server dari ISP. Cara untuk melakukan ping ke Domain Name Sistem (DNS) Server adalah sebagai berikut :


- Open command prompt dengan cara klik Menu Start > Run > ketik CMD kemudian Enter

- Setelah itu, ketik perintah ipconfig –all untuk mengetahui IP address DNS server dari koneksi yang anda gunakan. Seperti contoh pada gambar dibawah ini, IP address DNS server adalah 208.67.222.222 yang merupakan bagian dari DNS publik milik OpenDNS.



- Tahap selanjutnya yaitu ketik perintah ping 208.67.222.222 -t. perintah tersebut menjelaskan bahwa, komputer yang anda gunakan akan melakukan sebuah request ping pada server DNS terus menerus.






- Apabila kalian ingin menghentikan proses ping request, kalian tinggal menekan Ctrl + C pada keyboard atau secara langsung yaitu menutup jendela command prompt.

2. Auto Reconnet pada koneksi Dial-up.

Mungkin dari sebagian para pembaca ada yang menggunakan internet dial up, anda cukup melakukan setting agar komputer dapat melakukan proses dial secara otomatis jika koneksi yang anda gunakan terputus. Anda juga bisa mencari di google search angine dengan judul Auto Reconnect Pada Koneksi Dial-up. Apabila, tidak mau susah payah, ada alternatif yang dapat saya usulkan yaitu anda dapat menggunakan software CiDial Auto Reconnect. Software ini mempunyai kapasitas yang sangat kecil, hkurang lebih 150kb dan mempunyai keuntungan yang sangat besar sekali buat koneksi anda, cara penggunaannya cukup simple saja.
- Hal Pertama yang harus anda lakukan yaitu, dowload terlebih dahulu software CiDial, kemudian kalian ekstrak dengan menggunakan rar atau zip setelah itu install dikomputer anda, untuk mendownload langsung saja... Klik Di Sini



- Selanjutnya yaitu jalankan aplikasi CiDial tersebut dan pilih koneksi yang sesuai dengan yang anda pakai. kemudian Klik menu pada File dan pilih Setting. lalu Pilih device yang anda gunakan untuk akses internet, kemudian masukkan user dan pass provideryang anda gunakan.



- Setelah itu kalian klik tombol Connect tujuanya yaitu agar dapat menghubungkan koneksi internet anda.



- Kemudian CiDial secara otomatis akan melakukan proses dial ulang apabila koneksi yang anda gunakan terputus. kalian tidak perlu lagi melakukan proses dial up, karena CiDial berfungsi untuk tujuan tersebut.

3. Menonaktifkan atau mematikan Auto Update yang terdapat pada program yang terinstall di komputer anda.

Ingat kecuali, anti virus, anda cukup nonaktifkan fasilitas yang terdapat pada auto update, tujuannya yaitu untuk menghemat bandwidth anda serta sekaligus dapat mempercepat akses koneksi internet anda, karena jalur pada internet yang anda gunakan, tidak digunakan untuk update software, yang tidak terlalu penting sebetulnya.




Berikut contoh yang harus anda lakukan yaitu anda dapat menonaktifkan fasilitas yang terdapat pada auto update dari sebuah operating system pada komputer anda. Cara menonaktifkan auto update yaitu, coba buka modzilla firefox, kemudian buka advance, lalu lihat pada bagian automatically check for update, apakah sudah di nonaktifkan.



4. Upgrade koneksi Internet anda pada Paket Internet Yang Lebih Baik.

Apabila kebutuhan pada koneksi internet yang anda gunakan sangat banyak, tetapi tetapi paket koneksi internet anda saat ini biasa-biasa saja, maka saya sarankan agar anda dapat mempertimbangkan usulan saya, yaitu dengan beralih pada paket yang lebih baik, Agar kebutuhan anda terpenuhi. Harga yang cukup mahal tentunya akan sesuai dengan kebutuhan anda, dan anda pun akan terasa nyaman. Solusi lain yaitu, kalian bisa mencoba mencari paket internet yang ditawarkan pada ISP lain yang mempunyai kualitas dan pastinya mempunyai harga yang lumayan lebih murah.

Pertimbangkan saran saya, upgrade paket koneksi interent atau beralih ke provider ylain yang lebih maknyoss.


5. Upgrade Hardware Komputer Yang Anda Gunakan.

Apabila perangkat komputer yang anda gunakan termasuk ketinggalan teknologi atau semacamnya, anda cukup mempertimbangkan membeli komputer baru dengan kapasitas dan speech yang lebih tinggi. Jika keadaan itu memungkinkan, dan jika keadaan itu tidak memungkinkan, anda cukup melakukan upgrade beberapa hardware yang anda butuhkan agar speech yang anda gunakan lebih besar dan lebih cepat. perangkat yang dapat mepengaruhi proses komputer anda agar lebih meningkat, ambil yang penting pentingnya saja, bisa diganti tanpa harus mengganti semua yaitu upgrade processor, memory dan penggantian modem yang mempunyai kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »