BEBERAPA SOFTWARE YANG HARUS ADA DI WARNET


Jangan malas membaca wahai anak bangsa, karena huruf-huruf ini tak lahir begitu saja tapi ada sejarahnya.

Posting kali ini membahas tentang software apa saja sih yang ada di warnet dari yang wajib, mubah dan haram. Walaupun saya cuma dapet ide ini dari pengalaman jadi Operator Warnet 3hari dan juga membandingkan beberapa warnet yang sering and pernah saya kunjungin di tambah hasil browsing dengan mbah google.com, saya cuma bisa memberi saran yang menurut saya baik untuk semua pengunjung warnet (ya karena saya juga sering jadi user warnet maka pernah ngrasain warnet seperti apa yang jadi idola atau tidak)

Nah, jika kamu pengusaha warnet yang umurnya (ya maaf) sudah tua, maka software-software yang kamu sediakan pasti cuma software utama saja yang cuma buat ngetik and browsing doank kan? Kecuali kalau kamu memperkerjakan anak-anak muda di tambah kamu percayain semunya ke pengelolah yang masih muda pasti beda pengunjungnya tapi jangan lalai juga mengawasi pegawainya ya. Tapi jika kamu anak muda yang kreatif and banyak tahu tentang perkembangan IT pasti warnet kamu slalu jadi Bunga Warnet, tahu kan maksudnya?.

Okey, sekarang mari kita bahas sofware apa saja sih yang ada di warnet dari yang wajib, mubah sampai yang haram.
Yang saya dapat baru sedikit sih, tapi ini bisa juga dipakai….

1. AntiVirus

AntiVirus ini penting sama pentingnya dengan OS, kenapa? Di dunia internet itu dunia yang takpernah tidur seperti kota yang tak pernah tidur yaitu Amerika, tahu kan Amerika itu tingkat kejahatannya tinggi dan jenissnya kelas kakap keatas, itu kita sama artikan saja dengan Virus Komputer. Maka dari itu dibutuhkan AntiVirus yang menjadi penangkal Virus komputer sebagai polisinya kejahatan komputer (haahaha… suka berkhayal…). Beberapa AntiVirus yang terkenal and banyak digunakan adalah: Bitdefender, Avira, Smadav, Kaspersky,Avast, Panda antivirus dan masih banyak lagi Antivirus yang bisa kamu pilih dan percaya.
Kalau gak pakai AntiVirus juga gak pa-pa tapi siapin aja master OS, karena pasti dalam 1-2minggu minta di instal ulang.

NB:Janga lupa di Update juga tiap seminggu, 2minggu atau sebulan sekali, kalau enggak nanti percuma karena Virus itu bisa makin banyak and makin jahat, seperti yang buat.


2. Browser

Ya pasti ini harus ada, kalau gak ada mending buka rentalan saja gak usah Warnet. Browser yang baik and cepat itu browser yang slalu terupdate dan memiliki “Plugins” yang mendukung untuk browsing secara leluasa. Biasanya browser-browser yang sering digunakan itu adalah: InternetExplorer, MozilaFireFox (karena di anggap memiliki Plugins yang beranekaragam dan sangat mudah digunakan), Google Chrome (memiliki akses yang cepat), Opra, dan masih banyak breowseryang bisa dipakai.

NB: Pasanglah lebih dari 2 Browser agar jika user ingin login 2akun, mereka gak repot. Dan juga jika salah satu atau dua browser kena masalah, kita punya cadanganya. Oh ya pasanglah plugins untuk flashplayer dan slalu diupdate karena banyak user pelajar yang membuka situs pembelajaran, untuk belajar gambar bergerak.


3. Download Manager

Ini adalah software yang paling dicari user pen-download,mengapa?. Coba bayangin kalau kita pakai yang bias trus mau download video di youtube kan ribet and susah ditambah nanti size-nya gede-gede, jadi males ngenet di warnet kamu, lelet sih. Maka dari itu kita harus punya Download Manager yang mendukung komputer kita. Software yang saya sarankan adalah Internet Download Manager (IDM), Livid atau yang lainnya. Kalau saya lebih suka IDM karena mudah untuk menyetingnya dan bisa di pause kan bisa dilanjut besok hari (jadi langganan deah).

NB: Pasang juga Plugins Download Manager di browser agar user bisa download secara mudah dan cepat. And setting juga kecepatan da jenis file yamg boleh and tdk boleh di download.


4. Media Player

Software ini sudah banyak banget di internet kita tinggal pilih salah sat saja. Jika untuk movie gunakan FLV, Cinema Clasic 123, GOM pleyer (bisa membuka hampir semua file movie dan flasplayer) atau yang lain(cukup satu). Tapi kalau untuk Music gunakan Winam, AIMP2 Player atau yanglainnya (cukup satu). Oh ya Flash Player juga buat memutar video pembelajaran yang formatnya *.swf .


5. Microsoft Office

Soft ini adalah soft dasar suatu komputer adan tujuan adanya komputer yaitu mengetik, mengolah angka/data/gambar dan yang lainanya. Softini pasti kan di warnet kamu? Kalau gak tutup aja lah gak usah usaha jasa kompuer, gitu aja gak punya. Hahahaha…
Tapi saya sarankan gunakan Microsoft Office 2007 (bukan 2003 atau 2010 haram) karena menurut saya standar IT indonesia menggunakan Microsoft Office 2007 (kok tahu? Ya karena waktu saya ikut Sertifikasi Komunkasi Informasi dan Komunkasi yang berstandar profesional pakai Microsoft Office2007)


6. Reader PDF

Banyak user yang mendownload file PDF karena file ini isinya dokumen yang dibuat permanen agar tidak di jiplak hak ciptanya walaupun ada yang mengubahnya ke word, maka dari itu kita harus memiliki Reader PDF agar user dapat membuka file itu dibilik kita.


7. Soft Editting Image

Banyak user yang hobi ber-jejaring sosial seperti facebook, twitter atau yang lainnya dan sering memasangkan foto-foto unik yang mereka edit sendir. Nah kita bisa manfaatin tuh dengan memasang software untuk meng-edit gambar seperti: PhotoScape (sangat mudah digunakan edit foto), Picase (menampilkan foto yang menarik), Adobe Photoshop (edit foto/menggambar vektor yang mudah), Corel (kayaknya sulit untuk para user yang tak mengerti caranya) atau yang lainnya.
NB: untuk kualitas yang terbaik slalu di Update ya…


8. Game

Nah ini dia… soft yang paling dicari dan populer di warnet karena diminati anak-anak dan remaja bahkan orang tua pula. Tapi untuk menggunakan ini kita harus memiliki komputer yang mendukung ya kasarannya kita harus update hardware komputernya, kalau gak salah sih komputer kita harus memiliki

a. Prosesor : Pentium IV atau Intel 2Cord atau bahkan yang lebih
b. Ram : minimal 2GB
c. OS : win XP
d. Monitor : VGA (yang mendukung )
e. Keyboard, mouse, and headset/speker.
f. Sirkulasi udara CPU yang sangat baik

Game yang banyak di gunakan adalah game online seperti: RF,CS onlie, PB da masih banyak lagi.
Kalau gak punya dana untuk Update and beli master Gamenya??
Jangan cemas…. Masih da game portabel and game situs….
Gak perlu di update kalau masih bisa hidup and dipakai, cuma cari di google ja game portablenya and kalau yang game situ tinggal pasang link di dekstop aja. Tapi juga harus diperhatiakn juga sirkulasi udaranya. Game portabel yang sering dipakai itu diantaanya: CS 1.6, Pes06 (bisa di update), Undegroun dan masih banyak lagi.
Atau game mini banyak kok kaya yang ada di gametop.com, tampilannya lumayan and ada yang 3D.


9. Antiexe

Ini cuma buat para pengusaha warnet yang nyediain game online, karena soft ini yang digunakan untuk antisipasi user yang memakai chet. Kenapa kok gak boleh pakai chet?
(tak jawab sendiri deh) ya karena peruahaan yang menyediakan game online gak mau rugi, masak mau dicuri sama penggunaka game sesukanya pakai chet, gak mau lah.


10. TuneUp

Soft ini untuk merapikan file-file yang masih brantakan gak karuhan, huft bisa menuh-menuhin hardisk and cepet Nge-hang kalau gak dirapiin.


11. Freeze

Digunakan untuk memposisiskan isi komputer kesemula atau bisa di jabarkan, kalau kita pakai ini, maka kita tidak akan takut ada software lain yang terinstal di bilik kalau sudah di restart maka software/file yang diinstal tadi kehapus.


Kayaknya cukup itu dulu deah software yang musti kamu coba di warnet kamu, so jangan takut mencoba bila itu memang akan menambah pengalaman kita. Kan Belajar dari paengalaman itu lebih baik. Nanti kalau mau tanya-tanya hub. Saya di FB saya atau tinggalin komentar yang membangun juga..
Salam, sampai jumpa…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »